saat ini lagi marak demo menentang produk Prancis, gara gara pernyataan presiden Prancis yang dianggap menyudutkan agama atas dasar kebebasan berekspresi. muncul daftar produk Prancis yang layak di boikot. mulai dari produk makanan, supermarket, sampai hotel. kalau didemo kebayang berapa banyak sodara kita yang menderita (dan kehilangan pekerjaan) gara gara tindakan emosional tidak berpikir panjang tersebut.

dalam kehidupan bersosial di lingkungan kita, hal ini seperti pola yang berulang, orang yang paling emosional adalah orang yang bersuara paling keras. gawatnya lagi menulari atau mengajak orang yang tidak mengerti apa apa, jadi suara menjadi semakin keras. saya masih memikirkan bagaimana mengedukasi sodara sodara yang mudah tersulut emosinya tersebut dengan literasi yang baik. mengajak berpikir luas (holistik). namun tidak mudah ya.

saya pernah hidup dan sekolah di Prancis, saya tahu maksud mereka bukan menghina, memang budaya mereka begitu. bagaimana mungkin kita memprotes gaya hidup di negara lain?. apa ini namanya shock culture?. lucu ya shock culturenya terjadi di jarak ribuan km jauhnya dari tempat kejadian. okay, balik lagi nonton emily dan la revolution deh ..

Get the Medium app

A button that says 'Download on the App Store', and if clicked it will lead you to the iOS App store
A button that says 'Get it on, Google Play', and if clicked it will lead you to the Google Play store